Pada awalnya saya kira akan mudah saja membuat dan menyebarkan buletin CERDAS ini. Namun, di dunia ini tidak pernah ada yang mudah. Di awali dengan kebingungan menentukan target audience, tema yang cocok, konten berita, sampai desain yang bisa mengoptimalkan space, konten, dan budget, menghabiskan kurang lebih waktu 2 minggu untuk pengerjaan. Apalagi, pada saat ini saya masih melakukan seorang diri.
Akhirnya saya membatasi pada bidang yang saya tahu, yaitu teknologi. Rencana saya, buletin CERDAS akan diisi dengan konten-konten yang meng-'influence' sesuatu yang baik. Pada awalnya, saya targetkan hanya untuk anak-anak saja, karena di kampus saya dulu sering membuat produk desain untuk anak-anak.
Akhirnya, pengerjaan terselesaikan dengan bantuan printer dari seorang teman yang baik bernama Nurul. Setelah dihitung-hitung untuk tabloid berwarna budgetnya akan luar biasa besar, maka dari itu saya hanya memprint warna bagian 'covernya' saja. Halaman lain saya buat hitam putih agar bisa difoto kopi saja. Jumlah eksemplar pertama saya buat sebanyak 40 eksemplar.
Tantangan berikutnya adalah membagikannya. Adik saya Nindy berbaik hati mau membantu. Banyak reaksi yang ditunjukkan oleh warga RT 04. Mayoritas merasa curiga dengan buletin ini, banyak yang menyangka saya sedang promosi barang jualan. Terlihat dari ekspresi-ekspresi mereka. namun, ada beberapa warga yang terlihat senang saat mendapatkan buletin ini. Betapa senangnya.
Beberapa buletin, setelah dibagikan, ada yang tercecer dijalan. Bahkan ada yang ditaruh kembali di teras rumah saya. Segala sesuatu yang baru pada awalnya memang akan sulit, namun tetap berharga untuk dicoba.
Setelah beberapa waktu menunggu, akhirnya saya mendapatkan 'feedback'. Feedback pertama datang dari orang terdekat, yaitu Mama. Beliau memberi masukkan dan kritik yang banyak sekali. Masukan-masukan dan kritik tersebut banyak merubah desain dan konten pada edisi kedua. Perubahan yang signifikan antara lain :
1. Desain yang terlihat untuk anak kecil, dibuat agak universal. Karena, jumlah anak kecil masih sedikit dibandingkan jumlah remaja dan dewasa. Sehingga, cakupan kontennya dibuat lebih luas.
2. Kontennya diganti dan ditambah untuk menyesuaikan 'target audience' yang baru.
3. Bahasa dan isi informasi yang tata bahasanya diperbaharui agar kesannya tidak menggurui dan lebih formal.
dan masih banyak lainnya termasuk tentang konten yang cocok dan norma-norma yang ada di lingkungan RT 04.
Baru dari 1 orang saja yang memberi 'feedback' banyak hal yang sudah saya dapatkan. Pengetahuan praktek.
Selain itu ada juga yang memberikan 'feedback' lainnya dan bahkan mau mengisi artikel pada buletin ini, yaitu Pak Tatan Sumaryana.
Saya selaku redaksi tunggal buletin CERDAS mengucapkan banyak terima kasih atas segala masukkan dan kepedulian dari setiap orang yang mau membaca bahkan memberi masukkan dan kepeduliannya pada buletin ini.
Semoga buletin ini akan semakin berkembang dan berkualitas. Semua berkat kerjasama dari RT 04. Terima kasih banyak.
-Dita-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar